Bapak Deden

Banyuwangi – Jawa Timur

 

Saya berencana untuk beternak itik petelur. Namun saya bingung terkait pemilihan kandang. Yang ingin saya tanyakan, apa perbedaan antara kandang postal atau ranch dan kandang baterai jika digunakan untuk itik fase layer?


Jawab :

Yth. Bapak Deden, terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Kandang ranch merupakan tipe kandang yang cukup populer karena menyediakan tempat yang lebih luas sebagai tempat umbaran itik untuk bermain. Kandang ranch disebut juga kandang umbaran. Kandang ini dilengkapi saluran air untuk sumber air minum dan tempat itik membersihkan diri atau mendinginkan tubuh disiang hari.

Kandang tipe ranch terbagi dalam dua bagian yaitu bagian kandang yang menggunakan atap dan bagian lain yang terbuka. Bagian kandang beratap menjadi tempat itik beristirahat pada malam hari dan tempat bertelur pada pagi hari. Bagian kandang yang beratap, lantainya harus dibuat lebih tinggi agar air hujan tidak tergenang di dalam kandang. Lantai kandang diberi lapisan berupa campuran pasir, kapur, jerami kering, atau sekam. Selain itu, bisa pula dibuat panggung agar kotoran lebih mudah dibersihkan. Pada bagian kandang tanpa atap yang menjadi tempat umbaran itik, dibuatkan pagar dengan pintu.

Ukuran kandang bisa dibuat dengan panjang 10 meter. Panjang 10 meter tersebut dibagi dua bagian yaitu 4 meter untuk bagian kandang yang beratap dan bagian kedua yang berukuran 6 meter pada bagian kandang tanpa atap. Dalam kandang ranch, selain bisa digunakan sebagai kandang itik fase layer, juga bisa digunakan itik untuk melakukan perkawinan terutama dengan tujuan memperoleh telur untuk pembibitan.

 

Adapun kelebihan kandang ranch diantaranya kandang lebih mudah dibersihkan dan itik dapat lebih banyak beraktivitas guna menunjang kesehatan dan produktivitasnya. Namun kandang inipun memiliki kekurangan diantaranya peternak harus menggiring itik masuk ke kandang beratap, misalnya saat sore hari atau ketika sedang hujan.

Kandang baterai merupakan kandang yang sering digunakan untuk itik dewasa fase layer. Namun, tipe kandang baterai ini membutuhkan biaya yang relatif tinggi sehingga biaya investasi untuk pemeliharaannya biasanya lebih tinggi dibandingkan tipe kandang yang lain.

Di dalam kandang baterai, itik tidak bebas bergerak. Tujuannya agar itik tidak banyak mengeluarkan energi sehingga bisa berproduksi secara optimal. Telur yang dihasilkan biasanya telur konsumsi dan bukan untuk ditetaskan karena tidak melalui perkawinan dengan itik jantan. Kalau pun ingin dihasilkan telur tetas, maka harus dilakukan inseminasi buatan. Untuk itu pada pemeliharaan itik pembibit di kandang baterai, peternak harus memperhitungkan biaya tenaga inseminator (ahli inseminasi buatan) ke dalam biaya produksi.

Adapun kelebihan dari kandang baterai diantaranya pengontrolan kesehatan itik lebih mudah dilakukan sehingga pengendalian penyakit dapat dilakukan secara optimal. Selain itu, telur yang dihasilkan lebih bersih dan utuh. Konsumsi pakan pun lebih merata karena itik tidak berebutan dalam memperoleh makanan sehingga pertumbuhan itik lebih seragam. Sifat individu itik dapat dikontrol dengan mudah sehingga peternak dapat meminimalisir itik yang mengalami stres. Namun, dibalik kelebihan tersebut terdapat kekurangaan dari pemakaian kandang tipe baterai ini, diantaranya biaya pembuatan kandang yang relatif lebih mahal. Selain itu, aktivitas itik terbatas sehingga pemenuhan kebutuhan itik sangat tergantung pada peternak. Itik pun akan cenderung lebih sensitif karena terkurung dalam kandang.

        Berdasarkan penjelasan mengenai perbedaan kandang ranch dan kandang baterai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kandang ranch dapat digunakan untuk kandang fase layer terutama saat itik akan melakukan perkawinan untuk menghasilkan telur pembibitan. Sedangkan kandang baterai dapat digunakan untuk itik fase layer terutama untuk menghasilkan telur konsumsi.

Artikel Terbaru

www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru