Kasus Antraks yang Terdengar Marak

Pertengahan Januari 2017 publik dihebohkan dengan adanya kasus antraks yang terjadi di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut berita yang beredar, merebaknya kasus ini diawali dengan adanya kematian seekor sapi yang diikuti dengan kematian beberapa ekor kambing (Harian Jogja, 2017). Kasus antraks pertama kali ditemukan di Teluk Betung Provinsi Lampung pada tahun 1884. Selain Lampung, antraks juga pernah dilaporkan terjadi di daerah Banten, Padang, Jambi, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

 

Continue Reading

Mengatasi Cacingan pada Kambing

 

Ternak kambing atau sering disebut juga ruminansia kecil merupakan ternak populer di Indonesia terutama untuk peternak berdomisili di areal pertanian/ perkebunan. Selain lebih mudah dipelihara, cepat berkembang biak, serta dapat memanfaatkan limbah dan hasil ikutan pertanian, ternak kambing selalu tersedia di pasarnya. Beternak kambing memerlukan modal yang relatif sedikit bila dibandingkan seperti beternak sapi/kerbau.

Apabila manajemen budidaya ternak kambing dilaksanakan secara optimal maka lebih memberikan manfaat yang nyata dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani dan peternak. Namun saat ini, penyakit cacingan menjadi salah satu ancaman bagi peternak ruminansia kecil ini. Diantara sekian banyak penyakit ternak di Indonesia, penyakit cacingan masih kurang mendapat perhatian dari para peternak.

Continue Reading

www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru