Bijak Mengobati Penyakit Ayam

Berbagai macam obat sudah lazim digunakan dalam dunia perunggasan guna mengatasi penyakit yang menyerang ayam. Jenis obat yang umum digunakan antara lain antibiotik (antibakterial), anthelmintik (obat cacing) dan antiprotozoa. Merk yang beredar pun beragam.

Yang sering menjadi masalah ialah masih awamnya beberapa peternak tentang zat aktif obat. Di lapangan seringkali praktek pengobatan kurang tepat. Contohnya dosis obat berlebih atau kurang, pemberiannya tidak merata, atau lama pemberian obat tidak sesuai dengan aturan pakai. Efeknya, penyakit tidak kunjung sembuh dan produktivitas ayam terganggu. Efek lain terjadi resistensi antibiotik golongan tertentu. Lalu bagaimana penggunaan obat yang bijak dan tepat itu? Berikut akan kami bahas.

Continue Reading

Print

Evaluasi kegagalan Vaksinasi Korisa

Infectious Coryza (korisa) bukanlah suatu hal yang baru bagi kita semua terutama yang bergerak di bidang industri peternakan. Meskipun korisa tidak menyerang sistem reproduksi, bukan berarti tidak menyebabkan penurunan produksi telur. Penurunan nafsu makan menyebabkan nutrisi yang diperlukan tubuh tidak tercukupi sehingga produksi telur pun terganggu. Bahkan penurunan produksi dapat mencapai 10-40%. Akibat korisa, angka pengafkiran relatif tinggi serta terjadi peningkatan biaya untuk pengobatan. Pada ayam pedaging mengakibatkan pertumbuhan terganggu sehingga bobot badan tidak tercapai. Mencegah korisa pun bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil pemantauan tenaga lapangan Medion tahun 2007-2009, korisa selalu menduduki peringkat pertama pada ayam petelur.

Continue Reading

Print

Fakta Keandalan Medivac Coryza

Korisa bisa menyerang ayam petelur maupun ayam pedaging dengan masa inkubasi 1-3 hari. Penyakit ini mudah menular dan angka kematiannya relatif rendah, 20% (korisa murni) dengan tingkat kesakitan mencapai 100%. Penurunan produksi telur bisa mencapai 10-40%.

Penyakit yang disebabkan oleh Haemophilus paragallinarum sebenarnya dapat diatasi dengan pemberian antibiotik, seperti Amoxitin, Sulfamix, Trimezyn, Respiratrek atau Duoko. Namun predileksi bakteri korisa di sinus infraorbitalis dengan jumlah pembuluh darah yang sedikit mengakibatkan ayam yang telah terserang korisa bersifat carrier (pembawa, red). Seringkali serangan korisa berulang, terutama jika ada faktor pemicu kondisi cuaca yang tidak baik maupun pemeliharaan dengan sistem multi-age farm (tidak all in all out). Oleh karenanya vaksinasi korisa bisa dilakukan untuk mengatasi serangan korisa secara lebih tuntas.

Continue Reading

Print

Ketepatan Diagnosa untuk Keberhasilan Penanganan Kasus Penyakit

Melakukan diagnosa penyakit hewan (termasuk ayam) merupakan tugas, tanggung jawab, dan wewenang seorang tenaga lapangan atau dokter hewan. Profesi selain dokter hewan atau tenaga lapang yang terlatih, dalam hal ini peternak, dapat pula melakukan langkah-langkah “seperti mendiagnosa” untuk mengumpulkan seluruh informasi mengenai kejadian kasus penyakit. Mulai dari anamnesa, pengamatan terhadap gejala klinis, dan pemeriksaan bedah bangkai.

Continue Reading

Print

Korisa, Datang dengan Kelompok Baru

Setelah AI (avian influenza) heboh mengguncang peternakan unggas di Indonesia dengan kemunculan clade baru di awal tahun 2013 yang lalu, kini giliran korisa yang cukup ramai dibicarakan. Tingginya kejadian outbreak korisa di beberapa peternakan yang notabene sudah menjalankan vaksinasi korisa, menjadi awal mula berkembangnya kasus ini.

Banyak spekulasi yang akhirnya bermunculan. Salah satunya menyimpulkan bahwa vaksin korisa yang ada saat ini sudah tidak mempan lagi menahan infeksi yang terjadi. Apakah benar demikian? Jawabannya tentu saja tidak. Vaksinasi masih menjadi benteng utama guna mencegah serangan korisa, dan wajib dipadukan dengan perbaikan manajemen serta penerapan biosecurity yang ketat. Untuk mengetahui lebih detail tentang apa yang terjadi, berikut ulasan mengenai perkembangan korisa terkini.

Continue Reading

Print

www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru