Biangnya Penyakit Ngorok

Ngorok atau bahasa kerennya CRD (Chronic Respiratory Disease) bagi manusia bisa jadi hanya sebatas gangguan kesehatan ringan. Namun, lain ceritanya bagi unggas. CRD adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan ayam dan bersifat kronis. Disebut “kronis” karena penyakit ini berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu lama dan sulit untuk disembuhkan. Dari data tim Technical Education and Consultation (TEC) Medion dilaporkan bahwa di tahun 2016 penyakit ngorok menempati posisi pertama dan kedua dari 10 penyakit yang sering menyerang ayam pedaging (broiler) maupun ayam petelur (layer) (Grafik 1 dan 2). Telah kita ketahui bahwa CRD bersifat imunosupresif atau mampu menekan sistem kekebalan ayam. Di lapangan, kejadian CRD murni jarang ditemui dan umumnya telah disertai komplikasi dengan penyakit lain terutama E. Coli, sehingga disebut CRD kompleks. Berdasarkan data lapangan, CRD kompleks menduduki peringkat ke-2 pada ayam pedaging dan ke-6 pada ayam petelur.

 

Continue Reading

Print

Mengatasi Masalah Kerabang Telur Pucat

Selera konsumen dalam membeli telur salah satunya dipengaruhi oleh warna kerabangnya. Konsumen telur di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia memang lebih menyukai telur dengan kerabang cokelat, berbeda dengan konsumen di Benua Amerika yang menyukai telur dengan kerabang berwarna putih. Dari sisi kualitas, tidak ada perbedaan antara telur kerabang cokelat dan putih, baik dari sisi rasa maupun kandungan nutrisinya. Akan tetapi bagaimana kasusnya jika telur yang harusnya berkerabang cokelat namun kehilangan warna sehingga berubah pucat?

 

Continue Reading

Print

Waspada Gangguan Pernapasan

Performa ayam saat ini telah berkembang pesat, baik ayam pedaging maupun petelur. Ayam pedaging unggul dalam masa pertumbuhan yang sangat cepat dengan bobot badan tinggi dalam waktu relatif pendek dan konversi pakan kecil. Ayam petelur dengan pertumbuhan yang cepat, kematangan seksual lebih awal dan produksi telur yang semakin tinggi. Keunggulan tersebut tentu saja akan menimbulkan beberapa konsekuensi bagi ayam. Ayam akan lebih mudah stres, peka terhadap lingkungan dan rentan terhadap penyakit. Dari data yang dikumpulkan tim Technical Support Medion, penyakit pernapasan termasuk dalam penyakit dengan peringkat teratas. Seperti yang terlihat pada grafik rangking penyakit berikut.

Continue Reading

Print

Imunosupresi Ditekan, Kekebalan Optimal

Sistem kekebalan tubuh ayam atau sering disebut sistem imun merupakan kemampuan untuk menahan infeksi serta meniadakan kerja racun dan faktor penyebab penyakit seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. Untuk perkembangan sistem kekebalan ayam yang optimal, perlu didukung dengan tatalaksana peternakan, kecukupan nutrisi, dan program vaksinasi yang baik. Jadwal vaksinasi harus dilakukan secara memadai dan ketat agar kekebalan yang ditimbulkan dapat melindungi ayam dari serangan penyakit. Keberhasilan vaksinasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tata laksana vaksinasi, program vaksinasi yang diterapkan, kondisi kesehatan ayam, serta penerapan tata laksana pemeliharaan dan biosekuriti. Jika faktor-faktor tersebut sudah dilaksanakan dengan baik dan ayam masih terserang penyakit, salah satu kemungkinan penyebab yang sering terjadi di lapangan adalah karena adanya kondisi imunosupresi.

Continue Reading

Print

Mengenal Penyakit AE di Peternakan

Mendengar nama penyakit avian encephalomyelitis (AE) memang masih asing di telinga kita. Banyak dari kita yang belum pernah menemui kasus AE ini di lapangan, atau mungkin pernah menemui namun tidak didiagnosis sebagai serangan AE. Seperti yang terjadi pada salah satu farm di Jawa Barat belum lama ini. Di sana muncul kematian mendadak anak ayam mulai umur 12 hari (masa brooding) sebesar 14%.

Continue Reading

Print

www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru