Bapak Asna Latif

This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it


Dari info yang pernah saya dengar ada jenis-jenis obat dari golongan sulfa yang dapat menurunkan produksi telur jika diberikan pada ayam yang sedang berproduksi. Jenis obat golongan sulfa apa saja yang dapat menurunkan produksi telur dan mana yang tidak menurunkan produksi telur? Apakah jenis sulfa pada Trimezyn dan Erysuprim bisa menurunkan produksi telur?


Jawab :

Sesuai dengan nama lainnya, obat adalah racun. Obat akan menjadi racun jika penggunaan dan dosisnya tidak tepat. Golongan sulfonamida atau yang biasa disebut sulfa maksimal waktu pemberiannya adalah 7 hari, jadi selama dosisnya sesuai dengan yang direkomendasikan pada aturan pakainya, maka efek samping tidak akan muncul.

Adapun efek samping yang bisa muncul dari golongan sulfa ini adalah anoreksia (penurunan nafsu makan), dimana dengan turunnya nafsu makan otomatis nutrisi ayam selama periode pemberian obat bisa menurun/tidak terpenuhi dan secara tidak langsung akan menyebabkan penurunan produksi telur. Efek samping ini bukanlah efek yang permanen (menetap), kita bisa siasati dengan pemberian multivitamin terutama vitamin B kompleks setelah periode pengobatan ayam, sehingga nafsu makannya bisa kembali normal. Misal setelah pemberian Trimezyn selama 5 hari berturut, Bapak bisa berikan Fortevit pada hari ke-6 dan seterusnya.

Dibandingkan produk yang mengandung antibiotik sulfa lainnya, Erysuprim, Duoko dan Respiratrek mempunyai keunggulan lebih yaitu efek sampingnya lebih rendah karena mengandung sulfo-namida yang bekerja jangka menengah (12-24 jam) hingga jangka panjang atau “long action” (> 24 jam).

 



Info Medion Edisi Maret 2009

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

 

Produk Medion