Konsultasi Mekanisme & Vaksinasi ND | Print |
BAPAK ARIYAD ANWAR

Cikaro Farm

Kampung Sukanegla

RT. 04 RW. 07

Desa Sukamantri, Bandung


  • Pada program pemeliharaan kesehatan ayam broiler umur 4 hari, apakah vaksinasi ND aktif harus selalu diberikan bersamaan dengan vaksin ND inaktif atau dapat diberikan secara terpisah ?

  • Bagaimana mekanisme pembentukan antibodi di dalam tubuh ayam, jika vaksin ND aktif diberikan bersamaan dengan vaksin inaktif ?


Jawab :

  • Program vaksinasi ND pada ayam broiler ada 2 pilihan :

  1. Vaksin aktif (Medivac ND Hitchner B1) umur 4 hari, kemudian diulang dengan vaksin ND aktif (Medivac ND La Sota/Medivac ND Clone 45) umur 19 - 21 hari
  2. Vaksin aktif (Medivac ND Hitchner B1) sekaligus inaktif (Medivac ND Emulsion), selanjutnya tidak perlu vaksinasi ulang

Umumnya vaksinasi ND pada ayam broiler diberikan secara bersamaan antara ND aktif dan inaktif pada umur 4 hari. Alasannya stres vaksinasinya relatif lebih ringan dibandingkan dilakukan secara terpisah.

  • Vaksinasi ND aktif pertama bertujuan untuk membentuk kekebalan lokal di saluran pernapasan dan mengaktifkan kelenjar harderian di daerah mata. Antibodi vaksin aktif akan mulai terbentuk pada 3-4 hari post vaksinasi, sedangkan vaksin inaktif mulai terbentuk pada 6-7 hari post vaksinasi (hal ini terkait adanya adjuvant dalam vaksin inaktif yang yang berfungsi meningkatkan dan memperpanjang daya kerja vaksin).

Oleh karena itu saat vaksinasi menggunakan vaksin aktif sekaligus vaksin inaktif, antibodi yang pertama bekerja adalah dari vaksin aktif, kemudian akan dilanjutkan antibodi dari vaksin inaktif. Jadi saat titer antibodi vaksin aktif mulai turun (kekebalan hasil vaksinasi aktif cepat terbentuk tapi cepat turun), titer antibodi hasil vaksin inaktif (kekebalan vaksin inaktif lambat terbentuk tapi bertahan lebih lama) masih di atas protektif (melindungi).

 



Info Medion Edisi September 2009

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

Produk Medion