Konsultasi Penurunan Titer Antibodi vs Produktivitas Telur | Print |
Bapak Yudi Mardiana

This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it


Apakah titer antibodi yang mengalami penurunan dan mendekati standar protektif (titik minimum protektif) berpengaruh terhadap produktivitas ayam petelur?


Jawab:

Titer antibodi pada ayam tidak berpengaruh secara langsung terhadap produktivitas ayam petelur. Produktivitas ayam petelur akan dipengaruhi secara langsung oleh kondisi atau status kesehatan dari ayam petelur tersebut.

Namun, titer antibodi disini dapat menjadi parameter yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kekebalan ayam terhadap serangan penyakit-penyakit tertentu seperti ND, AI, EDS maupun IB. Saat titer antibodi hampir mencapai titik minimum protektif, hal ini dapat menjadi peringatan dini (early warning system) bagi peternak untuk melakukan revaksinasi atau vaksinasi ulang sehingga titer antibodi dan kekebalan ayam dapat dinaikan kembali ke level protektif.

Saat titer antibodi berada di titik minimum protektif atau di bawah titer protektif, ayam petelur berada pada kondisi yang rentan terhadap serangan penyakit. Oleh karena itu, pada saat tersebut sangat memungkinkan apabila ayam petelur menunjukkan penurunan produktivitas akibat serangan penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. Terlebih lagi apabila sudah dipastikan faktor nutrisi atau pakan tidak ada masalah.

Untuk mengantisipasi terjadinya serangan penyakit yang dapat menurunkan produktivitas ayam petelur saat titer antibodi berada pada titik minimun protektif atau di bawah standar protektif, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai berikut :

  • Lakukan monitoring titer antibodi secara rutin setiap bulan untuk mengetahui perkembangan titer antibodi, sehingga apabila terjadi penyimpangan titer antibodi dapat diketahui secara dini dan jadwal revaksinasi dapat dilakukan dengan tepat

  • Lakukan revaksinasi pada ayam petelur saat diketahui titer antibodi dan % kebal berada di batas atau di bawah standar protektif. Revaksinasi dapat dilakukan pada ayam dengan titer antibodi yang masih protektif namun nilainya sudah mendekati batas minimum protektif

  • Pantau terus kondisi ayam di lapangan terutama dari segi produktivitas dan gelaja klinis yang dapat diamati secara rutin

  • Perketat biosecurity untuk mencegah perpindahan penyakit secara horizontal, misalnya dengan cara membatasi tamu dan hewan liar yang masuk ke dalam lingkungan kandang, melakukan desinfeksi terhadap kendaraan maupun orang yang akan masuk ke dalam lingkungan kandang dan peralatan kandang serta sanitasi air minum secara rutin.



Info Medion Edisi Mei 2013

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

 

Produk Medion