Konsultasi Berak Hijau | Print |
Bapak Tedi Kustiandi

Jl. Raya Sukaharja/Dsn Sindang

No. 84 RT 02 RW 03 Ds. Sukaharja

Kec. Rajadesa Kab. Ciamis

Jawa Barat 46254


Bagaimana cara mencegah berak hijau? Dan apa obatnya?


Jawab :

Ayam dengan tanda-tanda berak hijau bisa disebabkan ND, kolera (akut), AI atau malaria/malaria like. Oleh karena itu perlu dilakukan diagnosa lebih detail, baik dari gejala klinis maupun perubahan bedah bangkai. Ciri khusus dari ND, kolera (akut), AI dan malaria/malaria like tercantum pada tabel 1.

ND dan AI disebabkan virus sehingga tidak dapat diobati. Jika ayam itu terserang ND maka bisa dilakukan vaksinasi ulang (vaksinasi darurat) memakai Medivac ND Clone 45. Medivac ND Clone 45 mampu menstimulai pembentukan antibodi yang protektif secara cepat dengan tingkat stres post vaksinasi ringan. Adanya antibodi akan menghalangi virus menempel pada sel tubuh sehingga infeksi penyakit ND dapat ditekan.

Jika ayam terserang AI maka sebaiknya diberikan terapi supportif, seperti pemberian multivitamin (Fortevit) untuk meningkatkan kondisi tubuh. Setelah kondisi membaik bisa dilakukan revaksinasi AI. Saat terserang ND dan AI juga bisa diberi Proxan-S atau Amoxitin untuk mencegah infeksi sekunder oleh bakteri.

Apabila diagnosa mengarah pada kasus kolera maka bisa langsung ditangani dengan memberikan Amoxitin, Proxan-S atau Koleridin. Sedangkan untuk kasus malaria atau malaria like dapat diatasi dengan pemberian obat yang mengandung sulfa atau pyrimetamin, seperti yang terdapat pada Maladex, Coxy atau Antikoksi. Obat akan bekerja dengan optimal jika diberikan dengan tepat, baik dosis maupun aturan pakai (cara dan lama pemberian).



Info Medion Edisi April 2009

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

Produk Medion