Konsultasi Nafsu Makan Turun | Print |
Bapak Kuaneni

Jln Kupang lar Rt 01 Rw 01

Kec Jabon, Sidoarjo

Jawa Timur


Ayam petelur umur 4-8 minggu, nafsu makan mulai menurun sehingga kelihatan lemah, lesu dan mengantuk. Bagaimana penanganannya atau apa obatnya agar nafsu makan ayam kembali normal?


Jawab :

Penurunan nafsu makan pada ayam petelur umur 4-8 minggu merupakan kejadian yang sering dialami oleh peternak. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kejadian tersebut ialah :

  • Tata laksana pemberian ransum yang kurang baik

Dua hal yang perlu diperhatikan pada tata laksana pemberian ransum, yaitu kualitas ransum yang diberikan dan teknik pemberian ransumnya. Pada masa awal (starter) ransum yang diberikan harus mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, terutama protein kasar, asam amino, vitamin maupun mineral. Kandungan energi metabolisme juga harus sesuai karena sangat berpengaruh terhadap tingkat konsumsi ransum. Kandungan energi metabolisme yang terlalu tinggi akan menurunkan konsumsi ransum dan begitu juga sebaliknya. Tingginya kandungan serat kasar juga berakibat sama dengan tingginya kandungan energi metabolisme, yaitu penurunan nafsu makan karena palatabilitas ransum menurun.

Selain itu, pastikan ransum yang diberikan selalu segar. Hal ini dapat dicapai dengan teknik pemberian ransum secara periodik atau diberikan sedikit demi sedikit, misalnya setiap 2 jam sekali. Ransum yang menggumpal maupun berbau tengik jangan diberikan karena selain menurunkan konsumsi ransum juga dapat menyebabkan ayam keracunan bahkan kematian.

Guna meningkatkan konsumsi ransum dan ketersediaan nutrisi mikro essensial, seperti asam amino, vitamin maupun mineral dalam ransum dapat ditambahkan Top Mix, Mineral Feed Supplement A.


  • Infeksi penyakit

Penurunan nafsu makan merupakan indikator awal bahwa ayam telah terinfeksi penyakit. Guna memastikannya perlu melakukan pengamatan gejala klinis yang ditimbulkan dan jika perlu melakukan bedah bangkai.

Penanganan yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan sanitasi kandang dan peralatan, pemberian vitamin (Fortevit, Vita Stress) maupun pemberian antibiotik yang mempunyai spektrum kerja yang luas (Therapy). Selain itu, perlu dilakukan perbaikan tata laksana pemeliharaan.


  • Kondisi lingkungan tidak nyaman

Saat kondisi panas, maka ayam secara alami akan menurunkan nafsu makannya dan meningkatkan nafsu minumnya. Oleh karena itu, suhu kandang selayaknya dipertahankan tetap dalam comfort zone (zona nyaman) yaitu suhu 25-28oC dan kelembaban 60-70%. Hal tersebut dapat dilakukan dengan pengaturan ventilasi, penambahan kipas angin (blower) dan pengaturan kepadatan kandang.


Info Medion Edisi Februari 2009

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

Produk Medion