Konsultasi Umur Ayam vs Kebutuhan Protein | Print |

Bapak Ignatius Junus S.

Jl. Pemuda No.48

Sukabumi-Jawa Barat


Semakin tua umur ayam maka kadar protein dalam ransum yang diberikan pada ayam makin menurun, padahal untuk ayam umur tua memerlukan asam amino untuk membantu dalam pembentukan telur yang diperoleh dari protein ransum tersebut. Mengapa demikian ?


Jawab :

Memang benar bahwa semakin tua umur ayam maka kadar protein dalam ransum yang diberikan juga semakin menurun atau tidak sebanding dengan kebutuhan protein ransum untuk ayam periode awal (starter). Menurut Amrullah (2003), kebutuhan protein untuk ayam petelur periode starter (0-8 minggu) 20-22%, periode grower (8-18 minggu) 14-16% dan periode layer (> 18 minggu) 17-19%.

Pada ayam periode starter, kebutuhan proteinnya memang paling tinggi dibanding periode yang lain karena pada periode starter terjadi pembelahan dan pertumbuhan sel yang sangat tinggi, sehingga pada periode ini merupakan kunci awal untuk mencapai target keberhasilan pencapaian bobot badan. Untuk mencapai target tersebut maka ransum yang diberikan harus mempunyai kadar protein lebih tinggi untuk pertumbuhan tulang/kerangka tubuh dan bobot badan. Sedangkan untuk ayam umur tua, protein hanya dibutuhkan untuk pembentukan telur saja, sehingga kadar protein pada ransum ayam tua juga menurun. Dengan menurunnya kadar protein ransum, maka kadar asam amino juga akan menurun beriringan dengan penurunan kadar protein ransum tersebut.




Info Medion Edisi April 2011

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Info Medion Online (http://info.medion.co.id).

 

 

Produk Medion