Corporate Social Responsibilities (CSR) yang dilakukan perusahaan merupakan wujud kepedulian sosial perusahaan terhadap kehidupan. Saat ini dikenal konsep 3P dalam CSR, yaitu Planet, People, dan Profit


Corporate Social Responsibilities (CSR) yang dilakukan perusahaan merupakan wujud kepedulian sosial perusahaan terhadap kehidupan. Saat ini dikenal konsep 3P dalam CSR, yaitu Planet, People, dan Profit. Planet berarti bumi dan lingkungan menjadi sasaran dari program CSR. People berarti CSR ditujukan untuk masyarakat, baik orang-orang yang menjadi bagian dari perusahaan maupun orang-orang di sekitarnya. Sementara profit berarti keuntungan perusahaan yang diperlukan untuk keberlangsungan program CSR.


Mendukung Nilai Budaya dan Pariwisata

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap keberlangsungan kehidupan, Medion selalu mem-berikan nilai tambah dalam setiap programnya. Salah satunya adalah mengusung nilai budaya dan pariwisata. Ini dilakukan dengan menyematkan motif batik serta wayang dalam berbagai medianya, seperti kalender, buku agenda, dan tas jinjing. Batik merupakan warisan budaya leluhur yang tidak hanya memiliki nilai seni tinggi dan teknik pembuatan yang membutuhkan keahlian, tapi juga makna dalam setiap motifnya. Sejak tahun 2011, Medion mengadaptasi 12 motif batik tradisional yang memiliki makna selaras dengan nilai-nilai yang diusung Medion.

Sementara untuk mendukung pariwisata nasional, Medion mengadakan Medion Wisata Indonesia yang dilaksanakan setahun sekali ke berbagai tempat wisata di Nusantara. Tidak sekedar menunjukkan keindahan alam tempat yang dikunjungi, Medion Wisata juga bertujuan memper-kenalkan kekayaan budaya tempat tersebut.


Mendukung Peningkatan Gizi dan Pengetahuan

Berdasarkan data dari Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementrian Kesehatan, pemenuhan kebutuhan protein hewani di Indonesia per tahun 2013 baru mencapai 60%. Angka ini menunjukkan ketertinggalan jauh dari Vietnam yang sudah mencapai 80% dan Thailand yang bahkan sudah mencapai 100%. Guna mendukung peningkatan angka pemenuhan gizi tersebut, Medion memiliki program Kampanye Makan Telur. Program ini dilakukan di beberapa sekolah dasar dengan membagikan telur dan memberikan pengarahan mengenai pentingnya makan telur kepada para siswa. Pada tahun 2013 kegiatan ini telah dilaksanakan di 10 SD yang ada di Jawa Barat dan sebanyak 16.225 butir telur telah dibagikan. Pihak sekolah menyambut baik kegiatan ini. Mereka bahkan berharap Kampanye Makan Telur dapat dilaksanakan secara rutin.

Selain itu, Medion juga mengadakan program bagi buku peternakan ke SMK-SMK peternakan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa sekaligus memperkaya koleksi perpustakaan sekolah. Sepanjang 2013 sebanyak 1.082 buku telah dibagikan ke 22 SMK. Di samping buku, Medion memberikan beberapa unit komputer ke sekolah dasar guna menunjang kegiatan belajar mengajar.

Dukungan Medion dalam penyampaian informasi di bidang peternakan diwujudkan dalam bentuk buletin Info Medion, pendidikan dan pelatihan (diklat), seminar, dan ceramah. Setiap bulannya, tak kurang dari 11.000 eksemplar buletin dikirim ke seluruh Nusantara. Tujuan pengadaan buletin ini adalah untuk memberikan informasi dan teknologi beternak ke setiap pihak yang membutuhkan. Agar penyampaian informasi lebih cepat dan area jangkauan Info Medion lebih luas, sejak 2009 tersedia pula Info Medion online dan dapat diakses pada situs http://info.medion.co.id. Diklat, seminar, dan ceramah pun telah menjadi kegiatan rutin Medion. Peserta kegiatan dapat memperoleh informasi secara lisan, baik teori maupun praktek. Hingga kini telah 150 diklat dilaksanakan. Melalui diklat, peternak bisa saling bertukar pengalaman sekaligus menambah relasi.


Mendukung Kesejahteraan Sosial

Selama tahun 2013, Medion telah berpartisipasi dalam mendukung kesejahteraan sosial dengan memberikan donasi terhadap 65 event sosial yang diselenggarakan oleh akademisi, dinas peternakan, masyarakat maupun asosiasi peternakan dan organisasi yang ada di masyarakat sekitar lingkungan kerja. Pada tahun yang sama, Medion mengadakan Charity Bazaar dimana dana yang terkumpul seutuhnya disumbangkan ke Yayasan Medion Care.


2000 Kantung Darah, dari Anda untuk Indonesia

Pada tahun 2014 ini, program CSR Medion mengangkat tema “2000 Kantung Darah, dari Anda untuk Indonesia”. Program ini diadakan melihat masih kurangnya ketersediaan darah di Indonesia. Berdasar data Palang Merah Indonesia (PMI) dibutuhkan sekitar 4,8 juta kantung darah per tahun, namun jumlah yang tersedia baru 3,8 juta kantung. Selain itu, jumlah pendonor di Indonesia juga masih tergolong rendah.

Menjembatani hal ini, Medion bekerja sama dengan PMI dan berbagai universitas di Jawa Barat memfasilitasi generasi muda Indonesia untuk mendonorkan darahnya. Hingga Mei 2014, Medion telah bekerja sama dengan 9 universitas, yaitu Universitas Padjajaran, Universitas Islam Bandung, Universitas Komputer Indonesia, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Telkom, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Pasudan, serta Universitas Jenderal Achmad Yani, dan mengumpulkan sebanyak 1.262 kantung darah.

Di kalangan intern, Medion juga menyelenggarakan aksi donor darah untuk pekerjanya. Ini telah dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali.


www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru