Metode Sexing Puyuh Petelur

Bapak Arif Wijayanto

Malang – Jawa Timur

 

Saya telah beternak puyuh petelur selama kurang lebih 1 tahun, namun saya masih bingung untuk membedakan antara puyuh jantan dan betina pada saat umur 1 hari. Yang saya ingin tanyakan, apakah ada metode yang dapat mengidentifikasi jenis kelamin puyuh pada umur 1 hari? Karena saya hanya bisa mengidentifikasi jenis kelamin puyuh pada umur 3 minggu. Mohon penjelasannya.

 

Jawab:

Yth. Bapak Arif, terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Sebagai penjelasan awal, tujuan sexing pada puyuh komersil adalah untuk menentukan jenis kelamin puyuh. Setelah itu dapat dilakukan pemisahan antara puyuh jantan dan betina. Puyuh jantan akan dijadikan puyuh pedaging, sedangkan puyuh betina dipelihara untuk tujuan petelur.

Sexing pada puyuh komersil biasa dilakukan pada umur 1 hari (DOQ), pada fase starter (umur 10 hari), atau pada fase grower (umur 20-30 hari). Sedangkan puyuh breeder, sexing dilakukan sebelum pindah kandang layer untuk memisahkan antara puyuh jantan dan betina.

Sexing pada puyuh umumnya dilakukan pada fase grower (3 minggu), dimana pada umur tersebut peternak dapat dengan mudah membedakan puyuh jantan dan puyuh betina hanya dengan melihat warna bulu di sekitar dada. Bulu dada puyuh betina berwarna cokelat dengan gradasi abu-abu hingga abu-abu kecoklatan. Kadang dijumpai pula warna bintik-bintik atau garis putih. Bulu dada puyuh jantan berwarna coklat muda tanpa ada warna putih.

Melakukan sexing dengan melihat perbedaan warna bulu dada puyuh pada umur di bawah 3 minggu cukup sulit dilakukan. Ada beberapa metode sexing yang dapat dilakukan saat puyuh berumur 1 hari, diantaranya :

Continue Reading

Kanibalisme pada Puyuh

Bapak Muhammad Wahid

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Saya memiliki peternakan puyuh. Pada minggu-minggu awal produksi, pernah ditemukan puyuh yang mati akibat kanibalisme, bagaimana solusi untuk mencegah hal tersebut? Terlebih lagi saya sudah melakukan pengurangan intensitas cahaya, penambahan jumlah pakan, dan penyesuaian kepadatan kandang. Adakah produk Medion yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut?

 

Continue Reading

www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru