Jonas Jahja Dapatkan Gelar Doktor Honoris Causa

Pada tanggal 9 Desember 2017, Drs. Jonas Jahja, Apt., Presiden Direktur PT. Medion, mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa, bidang Ilmu Ternak Unggas, dari Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. Gelar tersebut diberikan atas prestasi dan dedikasinya dalam ilmu peternakan unggas. Rekomendasi pemberian gelar tersebut juga diberikan oleh Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia (MIPI) dan Pinsar Petelur Nasional (PPN).

Acara penganugerahan ini dihadiri tak kurang dari 80 orang guru besar dari berbagai universitas. Di antaranya, Prof. Dr. drh. I Wayan Teguh Wibawan, M.S. (IPB), Prof. drh. Agus Setiono, M.S, Ph.D, APVet (IPB), Prof. Dr. drh. Chairul Anwar Nidom, M.S. (Unair), Prof. Dr. drh. I Gusti Ngurah Mahardika (Unud), Prof. Dr. Ir. I Nyoman Suparta, M.S., M.M (Unud), Prof. drh. Widya Asmara, S.U., Ph.D. (UGM), dan Prof. Toto Winata, Ph.D. (ITB). Selain itu, hadir pula perwakilan dari pemerintahan Jawa Tengah serta undangan lainnya yang bertotal lebih dari 500 orang.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Pengembangan Vaksin dan Obat Unggas yang Inovatif dalam Upaya Peningkatan Protektivitas”, Jonas mengungkapkan bahwa dalam perkembangan dunia peternakan unggas, pasti ada masalah penyakit yang harus dihadapi. Salah satunya penyakit Newcastle Disease (ND) yang sangat infeksius dan menyebabkan kerugian sangat tinggi. Hal tersebut mendorongnya untuk mengembangkan vaksin ND inaktif dengan seed virus yang sesuai dengan strain virus lapang.

Selain itu, Jonas juga mengembangkan produk-produk yang memanfaatkan ekstrak herbal alami. Salah satunya adalah Imustim yang merupakan imunostimulan. Imustim efektif meningkatkan sistem imun sehingga dapat mendukung vaksinasi. Beberapa produk herbal lainnya yang dikembangkan antara lain, Kumavit untuk meningkatkan nafsu makan, Ammotrol untuk mengontrol bau amonia, dan masih banyak lagi.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dalam sambutannya mengatakan, Jonas telah lolos dalam penilaian akademik dan penilaian non akademik. "Saudara Jonas Jahja telah berhasil menyediakan vaksin dan obat unggas sehingga unggas Indonesia lebih sehat dan produktif, dengan demikian ia ikut berkontribusi dalam penyediaan pangan, khususnya daging dan telur unggas," ujarnya. Selain itu, Jonas juga dinilai aktif dalam kegiatan edukasi dan penerbitan edukasi buletin gratis, yang merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Jonas pun berjanji akan terus melakukan inovasi dan riset-riset untuk tetap berkontribusi dalam dunia peternakan.

 

 

 

Print

www.medion.co.id               info@medion.co.id                 0813-2185-7405 (Customer Service)                 facebook.com/medionwisata 
Cara berlangganan Info Medion SMS ke 0852 2114 1929 dengan format Reg IM Nama AlamatSurat AlamatEmail
agar tampilan website ini dapat berjalan lebih optimal, disarankan menggunakan program browsing internet terbaru